Jaringan Peer to Peer


Setelah admin jarang update hehe karna sibuk dan ga sempet megang laptop. ok langsung ke pembahasan kali ini yaitu mengenai Jaringan Client Server maka kali ini ADMIN berbagi artikel tentang Jaringan yang lebih sederhana tentang Jaringan peer To Peer,Bila ditinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut, maka server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation. Jadi kedua komputer bisa menjadi server sekaligus menjadi client.

Keunggulan Jaringan Peer to Peer

  • Antar komputer dalam jaringan ini dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer dan sebagainya.
  • Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.kita hanya dengan bermodalkan Kabel UTP konektor RJ45 kita sudah bisa menggunakan jaringan ini dengan mensetting IP address di kedua PC tersebut.biasanya IP yang banyak di gunakan IP kelas C.saya sering menggunakan cara tersebut untuk saling berbagi data dengan teman saya 
  • Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.


Kelemahan Jaringan Peer to Peer
  • Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation 
  • Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap komputer/peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
  • Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.

Misal Sobat ingin bermain game dengan adik,saudara,ataupun teman. sobat bisa bermain bersama-sama dengan membuat jaringan ini,dengan kabel UTP dan konektor RJ45 Sobat bisa membuat jaringan ini.setting IP di tiap-tiap PC/laptop yang akan dihubungkan.

Sekian dan semoga bermanfaat :)

2 Responses to "Jaringan Peer to Peer"

  1. Masih kurang ngerti gan wokwokwokwok :p

    BalasHapus
  2. @anonim: Sama gan ane juga masih bingung sedikit :p hehehe
    makasih udah mampir ;)

    BalasHapus